Thursday , April 27 2017
Home / Sports / Pemain Asing Dibatasi, Tak Masalah
ISTIMEWA/BANDUNG EKSPRES FOTO BERSAMA: Manajer Persib, Umuh Muchtar berfoto bersama saat penyelenggaraan Kongres PSSI 2017 di Hotel Aryaduta.

Pemain Asing Dibatasi, Tak Masalah

daribandung.com,  BANDUNG – Manajer Persib, Umuh Muchtar mengaku tak keberatan jika PSSI menerapkan peraturan baru terkait jumlah pemain. Maksimal tiga pemain dengan komposisi dua dari non-Asia dan satu pemain dari Asia.

Umuh menyebutkan dengan adanya peraturan baru tersebut, pada dasarnya semua klub setuju dan menerima keputusannya.  Apalagi dengan adanya slot yang dibatasi itu, akan banyak peluang memajukan pemain-pemain Indonesia.

”Artinya nanti ada 18 slot dari 18 klub untuk pemain-pemain yang semula tidak mendapat kesempatan,”  kata Umuh seperti dilansir CCN Indonesia, Senin (9/1).

Meski demikian sebut dia, setiap keputusan pasti ada keuntungan tapi juga ada kerugiannya. Kelemahannya, lanjutnya, saat klub-klub Indonesia berlaga di luar negeri.  ”Bila nanti berlaga di AFC akan mengahadpi klub-klub luar Negeri yang justru memiliki komposisi 3+1, ini tentu jadi kelemahan,” paparnya.

Komposisi pemain asing 2+1 ini memang berbeda dengan yang diterapkan di liga negara-negara Asia lain. Mayoritas mengadopsi peraturan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yaitu komposisi tiga pemain non-Asia dan satu pemain Asia (3+1).

Umuh menuturkan, bahwa ada satu ide baru untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu memberikan pengecualian kepada klub yang akan berlaga di kompetisi AFC. Ide tersebut yang menurutnya sedang digodok sebelum keputusan diambil PSSI.

Umuh sendiri tidak khawatir jika pembatasan kuota ini akan membuat harga atau gaji pemain asing melonjak karena klub-klub akan saling berebut pemain asing berkualitas. Justru klub Indonesia bisa berhemat karena slot gaji yang semula untuk dua pemain asing bisa dialokasikan untuk satu orang.

Untuk menghadapi musim depan, Persib kini tinggal memiliki satu slot pemain asing karena dua lainnya telah diambil oleh Shohei Matsunaga (Jepang) dan Vladimir Vujovic (Montenegro).Umuh mengatakan kesebelasannya akan mencari pemain asing yang bisa menjadi playmaker dan telah memiliki dua kandidat.

Check Also

Himpun Pajak Rp 5,8 Triliun

daribandung.com, BANDUNG – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I (Kanwil DJP Jabar I) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *